Warta Ponpes

Sholat Gerhana Matahari

RATUSAN SANTRI MELAKSANAKAN SHOLAT KUSUFISY-SYAMS DENGAN WARGA MASYARAKAT DAN PENGASUH

Syahrul Mubaroq | Rabu, 09 Maret 2016 - 08:57:45 WIB | dibaca: 139 pembaca

darunnajahlmj.com - Ratusan santri baru saja selesai melaksanakan sholat gerhana matahari (Kusufisy-syams) bersama dengan warga masyarakat sekitar dan pengasuh. Sesuai dengan pengumuman yang di keluarkan oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), mengumumkan bahwa peristiwa gerhana matahari total jatuh pada Rabu pagi, 9 Maret 2016.

“Gerhana matahari total (GMT) insya Allah terjadi pada 9 Maret yang bertepatan dengan 29 Jumadil Ula 1437 H,” kata Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH A Ghazali Masroeri.

KH. Chozin Barizi selaku pengasuh, sekaligus imam dan khotib berpesan kepada santri dan warga masyarakat untuk selalu bertaqwa kepada Allah SWT di manapun berada. Diharapkan semua santri dan masyarakat untuk memperbanyak sholawat, berdzikir kepada Allah, dan melakukan aktifitas-aktifitas yang bernilai ibadah lainnya.

"Para jamaah shalat gerhana yang dirahmati Allah, dihimbau untuk tidak percaya terhadap mitos-mitos yang telah berkembang di masyarakat. Misal pada zaman dulu sempat percaya saat terjadi gerhana matahari, raksasa Batara Kala menelan matahari karena dendam kepada Sang Surya atau Dewa Matahari."

"Allah menjadikan matahari sebagai tanda dan cahaya-Nya agar dapat beraktivitas di siang hari, dan hari ini telah terjadi gerhana matahari. Fenomena ini tidak terjadi kecuali sebagai peringatan agar kita semua berbuat baik, mengambil pelajaran, merenung, berpikir, dan takut siksa-Nya. Siksa Allah itu teramat keras. Istighfarlah, Mintalah ampunan kepada Allah. Kembalilah kepada Allah karena Dia Maha Lembut lagi Maha Tahu."

"Di akhir khutbah beliau berpesan khusus kepada santri untuk selalu optimis terhadap masa depan, belajar terus sampai akhir hayat. Jangan sampai menjadi santri yang pesimis terhadap masa depan, dan juga diharapkan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah." Mudah-mudahan kita semua selalu mendapatkan rahmat Allah di manapun kita berada, Allah memudahkan kita untuk selalu berbuat baik kepada siapapun.

 










Komentar Via Website : 51
AwalKembali 123... 6 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)